Cari Blog Ini

Selasa, 09 Maret 2021

Apakah Pahala Sedekah (Wakaf) Akan Sampai Kepada Orangtua Yang Sudah Meninggal?




Imam Nawawi rohimahullah berpendapat, bahwasanya bersedekah atas nama mayit ini bisa memberi manfaat kepada mayit dan pahala sedekahnya bisa sampai padanya, dan demikianlah sesuai dengan kesepakatan para ulama, dan juga ulama bersepakat atas sampainya doa .. Hal ini, dengan dalil-dalil sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah rodliyallahu anhu yang artinya: “Bahwa ada seorang laki-laki mengatakan Nabi Saw:“ Sesungguhnya ayahku sudah wafat, dia meninggalkan harta dan belum diwasiatkannya, apakah jika disedekahkan maka hal itu akan kesalahankan kesalahannya? Rasulullah Saw menjawab: Ya ” (HR. Muslim)

Dari 'Aisyah Radhiallahu' Anha , ia berkata laki yang artinya: bahwa ada seorang-laki berkata kepada baginda Nabi shollallahu 'alaihi wasallam: “Sesungguhnya ibuku wafat secara mendadak, aku kira dia punya wasiat untuk sedekah, lalu apakah ada pahala jika aku bersedekah berhenti? Beliau menjawab: “Na'am (ya), sedekahlah” (Mutafaqqun 'alaih)

Dari Sa'ad bin 'Ubadah rodliyallahu' anhuma , Ia mengatakan yang artinya: Aku berkata: Wahai Rasulullah, sebenarnya ibuku wafat, apakah aku bersedekah fakta? Beliau menjawab: Ya. Aku berkata: Sedekah apa yang paling afdhal? Beliau menjawab: mengalirkan air, jawab Rosulullah ” (HR. An Nasa'i dan Ibnu Majah)

Dalil wakaf dalam Al-Qur'an di antaranya terdapat dalam QS. Ali Imran ayat 92, yakni sebagai berikut.

لَن تَنَالُوا۟ ٱلْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا۟ مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ

 

Artinya: "Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya".

Selain dalil dalam Al-Qur'an, dalil lainnya tentang wakaf yakni dalam sebuah riwayat yang artinya: "Nabi bersabda: Bagus sekali, itu adalah investasi yang menguntungkan di akhirat". (HR. Imam Al-Bukhari).

Dasar Hukum Wakaf Dalam as-Sunnah termuat dalam Hadis antara lain sebagai berikut:

Artinya:  Dari Abu  Hurairah r.a, bahwasannya Nabi SAW bersabda : “Apabila anak Adam (manusia)telah meninggal dunia, maka terputuslah semua amal perbuatannya kecuali tiga perkara, yaitu sadaqah jariah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakan untuknya” ( H.R Muslim).

Selain itu, terdapat pula hadist dari Ibnu Umar r.a berkata:

Umar bin Khattab mempunyai sebidang tanah di khaibar, lalu ia menemui Nabi untuk meminta nasehat tentang harta itu, Wahai Rasulullah aku telah mendapat sebidang tanah di Khaibar yang aku belum pernah memperolehnya seperti itu. Rasulullah SAW bersabda : jika engkau menginginkan, kau tahan pokoknya dan kau sadaqahkan hasilnya. Ibnu Umar berkata: Umar kemudian mewakafkan harta itu, dan sesungguhnya harta itu tidak di perjualbelikan, tidak di wariskan dan tidak di hibahkan. Umar menyedekahkan hasil harta itu untuk orang fakir, kerabat, memerdekakan budak, sabilillah, ibnu sabil, dan tamu. Tidak berdosa orang yang mengurusinya (nazhir)memakan sebagian dari hasil harta itu secara baik (sewajarnya) atau memberi makan (kepada orang lain) tanpa menjadikan sebagian harta hak milik (H.R Al-Bukhary).

0 comments:

Posting Komentar

kritik saran silahkan tinggalkan, kami dengan senang hati untuk memperbaiki

 

Alamat Pondok Pesantren El-madani

PPDB SMA Pesantren El-madani

jadwal sholat

jadwal-sholat