Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Maret 2021

Arti Sebenarnya Niat

 


Pengertian Niat

Niat adalah amalan hati ( amaliyah qolbiyah ) sehingga hanya Allah SWT dan setiap orang yang mengetahui niat atau motif seseorang dalam berbuat, berbuat baik, atau beribadah. NIAT dalam bahasa (arab), niat ( نية ) adalah keinginan di dalam hati untuk melakukan suatu tindakan. Orang Arab menggunakan kata niat dalam arti "sengaja". Terkadang niat juga digunakan dalam arti sesuatu yang dimaksudkan atau disengaja.

Secara istilah, tidak ada definisi khusus untuk maksud. Oleh karena itu, banyak ulama yang memberikan makna niat dalam bahasa, seperti Imam Nawawi yang mengatakan niat adalah berniat melakukan sesuatu dan bertekad penuh untuk melakukannya . ”

Mengacu pada hadits otentik, niat adalah motivasi, maksud, atau tujuan di balik suatu tindakan. Rasulullah Saw menyatakan, niat menentukan pahala dari suatu perbuatan. Jika niatnya karena Tuhan, maka pahala itu dari Tuhan. Jika niatnya bukan karena Tuhan, atau dibarengi dengan motif lain, maka Tuhan tidak akan menerima amalan tersebut sebagai ibadah.

Hadist tentang niat

        نما الأ عمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نو  

“ Sesungguhnya amalan itu tergantung pada niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia inginkan ” (HR Bukhari & Muslim).

Hadits tersebut secara lengkap menceritakan tentang niat seseorang untuk bermigrasi. Hijrah termasuk beribadah karena itu perintah Allah SWT. Namun jika ada niat lain dalam bermigrasi, maka migrasi tidak menjadi ibadah.

إنماالْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

“Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya. Dan setiap orang memperoleh sesuai dengan apa yang diinginkannya. Jadi barangsiapa berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka dia hijrah kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa hijrah karena dunia yang dikejar atau wanita. dia ingin menikah, lalu dia pindah ke apa yang dia (ingin) migrasikan padanya." (HR. Bukhari-Muslim).

Imam Bukhari menyebutkan hadits ini di awal kitab shahihnya (Shahih Bukhari) sebagai mukaddimah kitabnya. Di sana tersirat bahwa setiap amalan yang tidak diniatkan karena mengharap Allah SWT adalah sia-sia.

Semoga Allah SWT memberikan hidayah dan kekuatan agar kita senantiasa berniat ikhlas, hanya mengharap ridha-Nya, dalam setiap amal. Amin...! Wallahu a'lam bish-shawabi


Sumber: Majalah As Sunnah, Shahihain, Sirrah Nabawiyah, Riyadhus Shalihin



Writer : Rizki_El Madani


Baca Juga : 

Akhlak Seorang Pelajar Terhadap Gurunya Bagian 1

Biografi Salahuddin Al-Ayubi

Akhlak Pribadi Seorang Murid


0 comments:

Posting Komentar

kritik saran silahkan tinggalkan, kami dengan senang hati untuk memperbaiki

 

Alamat Pondok Pesantren El-madani

PPDB SMA Pesantren El-madani

jadwal sholat

jadwal-sholat