Cari Blog Ini

Sabtu, 29 Mei 2021

Destinasi wisata kecamatan Rawalo

 Berwisata ke kecamatan Rawalo. Nilai sejarah masih tersimpan di kecamatan Rawalo salah satunya pemandian sekaligus pengobatan, dimanakah letaknya, mari kita telusuri dahulu seperti apa kecamatan Rawalo itu....

Rawalo, merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Rawalo berjarak sekira 20 Km berkendara ke arah selatan dari pusat Kabupaten Banyumas yaitu Purwokerto. Ibu Kota Kecamatan terletak di Desa Rawalo. Kecamatan Rawalo secara geografis merupakan pertemuan jalan raya nasional jalur selatan Jawa terutama jalur Bandung - Jogjakarta dengan jalan raya nasional lintas tengah Brebes - Banyumas. Luas wilayah Kecamatan Rawalo seluas 4.964 Hektar. Pada tahun 2015 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyumas mencatat jumlah penduduk Kecamatan Rawalo mencapai 63.273 Jiwa terdiri dari 31.939 Laki-laki dan 31.334 Perempuan.

Destinasi wisata yang ada di kecamatan Rawalo

1. Bendung Gerak Serayu




Bendung Gerak Serayu Banyumas adalah bendung sungai buatan dengan membendung Sungai Serayu yang masuk wilayah Desa Tambaknegara. Bendung ini dibangun oleh pemerintah orde baru pada 1993 dan secara resmi difungsikan pemakaiannya oleh Presiden Suharto pada 20 November 1996. Jauh sebelum bendung dibuat, Belanda telah membangun Pompa Air Banjarsari, yang letaknya persis di samping bendung, untuk memompa air Sungai Serayu ke saluran irigasi yang mengairi sawah-sawah di daerah Banyumas selatan, Cilacap, dan sebagian Kebumen barat. Sebagai hiburan, jika beruntung, pengunjung mungkin bisa melihat beberapa ekor burung Raja Udang Biru di sekitar Bendung Gerak Serayu, dengan bulu biru kehijauan pada punggung, putih pada leher hingga perut dengan garis dada biru tua atau hijau, paruhnya hitam, dan kakinya merah

2. Pemandian Tirta Husada Kalibacin



Pemandian Tirta Husada Kalibacin berjarak 350 m dari jalan masuk ke Bendung Gerak Serayu atau masih termasuk wilayah Desa Tambaknegara. Masyarakat sekitar dulu memberi nama Goa Teleng pada sumber mata air di tempat ini yang airnya terus menerus mengucur keluar, meski pada musim kemarau panjang sekalipun. Ketika diketahui bahwa ternyata airnya berkhasiat, namanya lalu berubah menjadi Tuk Semingkir, artinya mata air yang menyingkirkan (berbagai jenis penyakit). Pemandian Tirta Husada Kalibacin merupakan objek wisata husada karena pengunjung yang datang selain berekreasi juga dapat berobat. Objek wisata inii disebut Kalibacin karena airnya berbau kurang sedap. Namun karena kandungan belerangnya cukup tinggi, airnya diyakini mampu mengobati berbagai macam penyakit kulit, saraf, dan tulang atau reumatik. Di tempat ini tersedia kolam untuk berendam maupun kamar mandi.

3. Curug Pasekan 

https://anissyafira.home.blog/
https://anissyafira.home.blog/

Curug pasekan atau biasa di namakan kedung pasekan memiliki keindahan tersendiri, dimana didalam curug pasekan terdapat gua yang berbentuk seperti masjid dan didalam gua tersebut terdapat ukiran-ukiran seperti sisik naga. Di sekitar curug pasekan dikelilingi hutan pinus yang cukup luas. Aliran yang mengalir dari curug pasekan mengalir ke curug bunder, curug kemit, dan curug wulu, dimana biasanya masyarakat desa menggunakan curug wulu untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, dengan lahan pertanian yang cukup luas menjadikan sebagian besar mata pencaharian warga Desa Sidamulih sebagai seorang petani.


0 comments:

Posting Komentar

kritik saran silahkan tinggalkan, kami dengan senang hati untuk memperbaiki

 

Alamat Pondok Pesantren El-madani

PPDB SMA Pesantren El-madani

jadwal sholat

jadwal-sholat