Cari Blog Ini

Jumat, 05 Februari 2021

Sunan Muri Gunung Muria


Sunan Muria dilahirkan dengan nama Raden Umar Said atau Raden Said. Menurut beberapa riwayat, dia adalah putra dari Sunan Kalijaga yang menikah dengan Dewi Saroh, putri Sunan Ngudung. Nama Sunan Muria sendiri diperkirakan berasal dari nama gunung (Gunung Muria), yang terletak di sebelah utara kota Kudus, Jawa Tengah, tempat dia dimakamkan. Sunan Muria lahir sekitar tahun 1450 Masehi, dan merupakan Salah satus peyebar Islam di Jawa.

Sunan Muria menikah dengan Sujinah anak dari Sunan Ngudung (Raden Usman Haji). Sunan Muria memiliki hubungan kekerabatan dengan Sunan Kudus (Jafar Shadiq), yaitu saudara ipar karena Sunan Kudus adalah kakak Dewi Sujinah istri Sunan Muria, begitulah dari salah satu versi.


Baca juga: 

Tembang macapat hasil Sinom dan Kinanti merupakan hasil ciptaanya beliu sebagai penunjang dakwah yang beliu emban, selain itu beliu Sunan Muria menggunakan metode kursus untuk menyampaikan dakwah. Kursus ini diselenggarakan bagi pedagang, pelaut, rakyat jelata dan nelayan. Unsur gamelan yang beliu bawa dalam berdakwah hanya bertujuan agar masyarakat mudah dalam mencerna dan memahami tentang Agama Islam.


Sunan muria juga dikenal arif dan bijaksana dalam menghadapi perbedaan ataupun konflik baik masyarakat ataupun kerajaan dikala itu, seperti konflik di Kesultanan Demak (1518-1530) beliu merupakan penengah.




Topo ngeli atau dewa ruci merupakan tokoh pewayangan yang sering beliu bawakan, untuk memikan hati masyarakat, namun dalam sekenarionya beliu ganti dengan gaya Islam.

Pada tahun 1551 beliu diperkirakan wafat, dan dimakamkan di tanah kelahirannya.

Dengan kutipan sedikit sejarah ini semoga kita bisa mengambil hikmah dan bisa menjadi seorang muslim yang diridhoi ALLAH. Amiin.

 

Bila ada perbedaan sejarah silahkan komentar dibawah ini...

0 komentar:

Posting Komentar

kritik saran silahkan tinggalkan, kami dengan senang hati untuk memperbaiki

 

Alamat Pondok Pesantren El-madani

PPDB SMA Pesantren El-madani

jadwal sholat

jadwal-sholat