Cari Blog Ini

Kamis, 11 Maret 2021

Penting-nya Menjaga Lisan

"Ucapakanlah Kepada Orang Lain Kata-kata Terbaik yang Kalian Seneng Jika Mereka Mengatakan Itu"

oke sahabat santri, bertemu lagi pada kessempatan kali ini. Nah, pasti udah pada tahu kan pepatah diatas?
Yaps, betul sekali. initinya jangan pernah kita mengucapkan kata-kata yang sekiranya melukai hati orang lain.
kendalikan mulut kita ketika kita sedang marah karena biasanya ketika kita sedang marah kita tidak bisa mengontrol kata yang keluiar dari mulut kita sahabat santri

"obati kemarahanmu itu dengan diam"


kenapa sih kitaharus mengendalikan ucapan kita? karena gini sahabat santri, ketika mulut kita mengeliuarkan ucapan yang menyakiti hati orang lain, contohnya nih kan jaman sekarang banyak nihh anak-anak usia dini sudah saling ejek-mengejek, misalnya diejek gara gara fisiknya ya item lah, pendeklah, atau di ejek gara-gara wataknya galak, cerewet, nakal, dan sebagainya. Ketika orang lain ,mendengar ucapan seperti itui, dia akan merasa kalo dirinya buruk. Sakit hatikan, ujung ujungnya. Ketika orang lain sakit hati mendengar ucapan kita, maka hatinya sudah terluka. Kalian pasti sudah dengar pepatah :

"luka di tangan lebih baik dari pada luka di hati"

karena gini ya, kalo luka di tangan 1 minggu, 1 minggu pun sudah sembuh. Beda kalo lukanya dihati sahabat, bisa bertahun-tahun atau mungkin bisa selamanya. Sahabat masih beruntung kalo misalnya orang yang sakit hati karena ucapan kita itu penyabar. Coba kako enggak bisa jadi dendam lho. Ujung-ujungnya enak. Baik untuk diri kita maupun orang lain. 

Bisa jadi lho gara-gara ucapan kita yang meleset pertumpuhan darah terjadi.di jelaskan lewat sebuah sya'ir dalam kitab Alala : " 

فَعَثْرَتُهُ مِنْ فِيْهِ تَرْمِيْ بِرَأْسِهِ * وَعَثْرَتُهُ بِالرِّجْلِ تَبْرَى عَنِ الْمَهْلِ

Tersilap lidah bisa mengundang lemparan (batu) di kepalanya * sedangkan terpeleset kaki perlahan-lahan akan sembuh


Nah bisa bahayakan kalo kita tidak menjaga ucapa kita. Karena sesungguhnya lisan itu lebih tajam dari silet. Dampaknya itu banyak, udah sakit hati nh. kita juga jadi orang yang kurang bersyukur. Misalnya, kita di ejek sama orang lain. Gak sedikitkan yang bilang kaya gini. 

"ihh kenapasih aku harus kayak gini, coba aja kalo aku bisa kayak mereka- mereka itu". lha kalo Allah ngasihnya emang udah kayak gitu gimana? syukurnya coba. 

Jadi sahabat santri sekalian, mulai sekarang jaga segala ucapan kita ya, baik itu untuk mengejek, ngegosip dan lain sebagainya. Sahabat santri juga harus bijak lho yah dalam pengunaan medsos. Inget-inget kalo kita mau mengucapkan perkataan buruk pada orang lain, coba saja bayangi posisi kita ada di posisi orang itu, kita suka kau atau kita tidak suka? sudah bisa di tebak bukan, kita pasti tidak suka, makanya jaga uapankita ya sahabatsantri gar dunia lebih indah dengan banyaknya orang yg tersenyum. 





From : Irene El-madani 

0 komentar:

Posting Komentar

kritik saran silahkan tinggalkan, kami dengan senang hati untuk memperbaiki

 

Alamat Pondok Pesantren El-madani

PPDB SMA Pesantren El-madani

jadwal sholat

jadwal-sholat