Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Kamis, 24 Juni 2021

10 Keistimewaan dan Amalan di bulan Dzulhijah

 Dzulhijah bulan yang penuh dengan Keistimewaan, dari hari pertama Dzulhijah banyak rentetan Keistimewaan yang terjadi pada sebagian para Nabi.

nu.co.id

Begitupula dengan keutamaannya, Dzulhijah adalah salah satu dari empat bulan haram, yaitu Rajab, Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wata'ala

 

وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ

“Demi fajar, dan malam yang sepuluh.” (QS. Al-Fajr: 1-2)

Dari Ibnu Umar Radhiyallaahu ‘Anhuma, dari Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir)

Berikuta Tanggal dalam hitung Dzulhijah yang penuh dengan peristiwa disejarah Islam.

Dimulai dari

  1. Tanggal 1 Zulhijjah
  2. Tanggal 2 Zulhijjah
  3. Tanggal 3 Zulhijjah
  4. Tanggal 4 Zulhijjah
  5. Tanggal 5 Zulhijjah
  6. Tanggal 6 Zulhijjah
  7. Tanggal 7 Zulhijjah
  8. Tanggal 8 Zulhijjah
  9. Tanggal 9 Zulhijjah
  10. Tanggal 10 Zulhijjah
10 Keistimewaan yang terjadi pada hari itu, mari kita jabarkan

  • Tanggal 1 Zulhijjah

Hari dimana Allah SWT mengampuni kesalahan Nabi Adam AS. Kesalahan inilah yang menyebabkan Nabi Adam dan istrinya keluar dari surga karena memakan buah terlarang. Semoga Allah SWT juga mengampuni dosa-dosa kita pada bulan ini, sebagaimana Allah SWT mengampuni Nabi Adam AS.

  • Tanggal 2 Zulhijjah

Ini adalah momen saat do’a Nabi Yunus AS dikabulkan Allah. Lalu Allah menolong Nabi Yunus dengan mengeluarkan Nabi Yunus AS dari dalam perut ikan. Semoga doa-doa kita dikabulkan dan senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah.

  • Tanggal 3 Zulhijjah

Peristiwa bersejarah lainnya adalah doa Nabi Zakariya AS dikabulkan Allah SWT . Nabi Zakariya AS berdoa agar diberikan keturunan, padahal Nabi Zakariya AS waktu itu sudah berumur 120 tahun. Bagi yang mendambakan keturunan, perbanyaklah doa pada bulan ini, semoga Allah kabulkan untuk mendapatkan keturunan.

  • Tanggal 4 Zulhijjah

Ini merupakan hari kelahiran Nabi Isa AS yang dilahirkan oleh ibunya Maryam di sudut kota Batlehem dalam kedaan sehat, meski sempat menggegerkan kaumnya. Pasalnya, ia terlahir dari seorang yang masih perawan. Semoga pada bulan ini, Allah SWT hilangkan segala kesulitan hidup kita dan menjadi hamba yang dimuliakan Allah SWT.

  • Tanggal 5 Zulhijjah

Pada tanggal ini merupakan hari kelahiran Nabi Musa AS. Beliau dilahirkan di desa Uksur, Mesir. Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan dan dijauhkan dari segala macam sifat buruk.

  • Tanggal 6 Zulhijjah

Kini giliran Nabi Muhammad SAW, pada hari ini Allah SWT membuka pintu kebaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga Allah juga memberikan rahmat-Nya bagi kita umat Muhammad SAW.

  • Tanggal 7 Zulhijjah

Pintu-pintu neraka ditutup dan dikunci, dan baru akan dibuka setelah hari kesepuluh dari bulan Zulhijjah. Barang siapa yang berpuasa pada tanggal 7 Zulhijjah, maka akan terhindar dari 30 pintu kesusahan dan dibukakan baginya 30 pintu kemudahan.

  • Tanggal 8 Zulhijjah

Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk membangun Ka’bah. Ketika bangunan Ka’bah telah jadi, Nabi Ibrahim merenung apakah yang ia lakukan mendapat pahala atau tidak. Maka disebutlah hari kedelapan dari bulan Zulhijjah dengan yaum al-tarwiyah yang artinya hari merenung dan berfikir.

Ada yang mengatakan Nabi Ibrahim bermimpi mendapat tugas dari Allah untuk menyembelih Ismail. Maka, seharian Nabi Ibrahim berfikir apakah perintah itu benar-benar dari Allah atau dari Setan. Maka, barang siapa yang berpuasa pada tanggal 8 Zulhijjah, Allah akan memberinya pahala yang nilaianya hanya Allah yang tahu.

  • Tanggal 9 Zulhijjah

Hari ini di sebut Yaumul Arofah. Hari dimana Nabi Ibrahim AS akan menyembelih Nabi Ismail AS atas perintah Allah. Disebut Yaumul Arofah karena tempat untuk menyembelih Nabi Ismail AS itu dinamakan Arafah. Semoga Allah mengampuni dosa kita pada satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

  • Tanggal 10 Zulhijjah

Peristiwa Nabi Ibrahim AS akan menyembelih Nabi Ismail AS atas perintah Allah inilah yang menjadikan tanggal 10 Zulhijjah sebagai hari raya Idul Adha atau di Indonesia dikenal dengan nama hari raya kurban.

Baca juga:

  • Syarat, Rukun dan puncak Haji
  • Amalan-amalan Shaleh yang dianjurkan pada bulan Dzulhijjah

    1. Puasa Arafah

    Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dijalankan pada tanggal 09 Dzulhijjah tahun Hijriyah. Puasa Arafah dianjurkan bagi umat muslim yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah. Cara melaksanakan puasa arafah sama seperti puasa sunnah lainnya.

    Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

    “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

    1. Takbir dan Dzikir

    Perbanyak dzikir termasuk bertahlil, bertasbih, beristigfar, bertahmid, bertakbir dan memperbanyak doa merupakan suatu amalan yang dianjurkan pada bulan ini, tidak hanya dijalankan pada bulan Dzulhijjah saja tetapi juga dibiasakan pada keseharian hidup kita. Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10  hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah”

    1. Menunaikan Ibadah Haji dan Umroh

    Ibadah haji merupakan salah satu ibadah dari rukun Islam yang kelima, dan wajib dikerjakan oleh setiap muslim bagi yang mampu mengerjakan baik secara finansial maupun fisik.

    “(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barang siapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.” (QS. Al Baqarah [2]; ayat: 196-197)

    1. Berqurban

    Hari raya Idul Adha atau sering dikenal dengan hari raya qurban, karena pada tanggal 10 Dzulhijjah tersebut, umat Islam berlomba-lomba menyisihkan sebagian hartanya untuk membeli kambing, lembu atau unta untuk disembelih setelah shalat hari raya Idul Adha dilaksanakan dan tiga hari setelahnya atau yang kita kenal dengan hari tasyrik. Udhiyah atau menyembelih hewan qurbah disyariatkan oleh Allah  sebagaiman firman Allah dalam surat al-kautasar [108]: 2 “Dirikanlah shalat dan berqurbanlah (an-nahr). Para Jumhur ulama menafsirkan ayat tersebut dengan “Berqurbanlah pada hari Idul Adha (yaum an-Nahr). Udhiyah merupakan bentuk  rasa cinta dan ketaqwaan seorang muslim kepada Allah . Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik”. (QS. Al-Hajj [22]; ayat: 37)

    1. Bertaubat (tidak bermaksiat)

    Perintah bertaubat dan tidak melakukan maksiat sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Islam untuk melaksanakan perintah tersebut, namun hal serupa ditekankan bagi umat Islam bertaubat dari berbagai dosa dan maksiat di awal bulan Dzulhijjah. Artinya kita menyibukkan diri di awal bulan Dzulhijjah dengan amal-amal shaleh serta meninggalkan kezholiman terhadap sesama. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Kemudian, sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertaubat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya), sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“. (QS. An-Nahl [16]; ayat : 119)

    Wallahu a'lam

    Semoga kita semua diampuni segala salah dan dosa kita oleh Allah Subhanahu Wata'ala... Aamiin


    Pondok pesantren Rawalo, Pondok pesantren El-madani SMA Rawalo Sma pesantren el-madani Sekolah banyumas

    nem terendah masuk sma negeri 1 banyumas

    ppdb sma banyumas 2021

    sma swasta di purwokerto

    pendaftaran sma banyumas 2020

    peringkat sma di banyumas

    pendaftaran sma negeri 1 banyumas

    sma negeri 1 banyumas jawa tengah

    pendaftaran sma negeri 1 banyumas 2021

    biaya pondok pesantren miftahul huda rawalo

    peta kecamatan rawalo banyumas

    ponpes miftahul huda rawalo

    pp miftahul huda rawalo

    ma takhasus miftahul huda rawalo

    ma miftahul huda rawalo

    e-learning ma miftahul huda

    Ponpes Miftahussalam

    PONPES MODERN ZAMZAM MUHAMMADIYAH

    PONDOK PESANTREN PUTRA-PUTRI DARUSSALAM DUKUHWALUH-PURWOKERTO

    DATA LEMBAGA PONDOK PESANTREN TAHUN 2021 . perbedaan sma dan smk

    sma jurusan

    e-rapor sma

    pengertian sma

    sma vote

    sma swasta

    nama sma

    sma negeri

    keutamaan bulan dzulhijjah

    keistimewaan bulan dzulhijjah

    nama lain bulan dzulhijjah

    10 dzulhijjah disebut hari

    11 dzulhijjah

    12 dzulhijjah

    sejarah bulan dzulhijjah

    10 dzulhijjah hari apa


    0 comments:

    Posting Komentar

    kritik saran silahkan tinggalkan, kami dengan senang hati untuk memperbaiki

     

    Alamat Pondok Pesantren El-madani

    PPDB SMA Pesantren El-madani

    jadwal sholat

    jadwal-sholat